In This Corner Of The World (2016)

Sudah banyak film menawarkan penderitaan rakyat sipil di Jepang ketika Perang Dunia II pecah, khususnya terkait insiden ledakan bom atom di Hiroshima. Untuk jajaran animasi, mungkin Grave of the Fireflies jadi yang paling dikenal. In This Corner of the World selaku penyesuaian manga berjudul sama karya Fumiyo Kono juga mengetengahkan kondisi serupa. Bedanya, sekaligus alasan mengapa filmnya spesial, walaupun secara alamiah sedih niscaya menghampiri narasi (this is a wartime movie afterall), kesengsaraan tanpa selesai bukanlah sajian utama. Tidak pula film ini lantang menyatakan diri sebagai sajian anti-war.

Dalam In This Corner of the World, tanpa kesan justifikasi, perang dijadikan medan pengembangan diri Suzu (Rena Nonen) sang tokoh utama, di mana ia menggembleng diri melatih kemampuan bertahan di tengah keterbatasan, kemudian berguru wacana kasih sayang pula rasa syukur. Kisah membentang dari tahun 1930-an, semenjak Suzu yang gemar menggambar masih bocah dan tinggal bersama keluarganya di Hiroshima, kemudian berkulminasi di masa 1940-an (tepatnya 1944-1945) ketika ia pindah ke Kure sehabis menikah muda dengan anggota angkatan maritim sipil berjulukan Shusaku (Yoshimasa Hosoya). 
Kehidupan barunya memaksa Suzu bekerja lebih keras guna mengurus kebutuhan rumah tangga, apalagi semenjak perang meletus, Kure kerap dibombardir serangan udara musuh. Alih-alih mengeksploitasi derita, alurnya menekankan bagaimana Suzu  dengan suka hati  memutar otak mengakali situasi. Saat makanan menipis misalnya, penonton bukan dijejali pemandangan keluarga yang kelaparan melainkan cara mereka memanfaatkan apa yang ada. Pun sentuhan humor konsisten dipertahankan hingga makin menguatkan aura positifnya. Suzu yang clumsy dengan senyum kecutnya jadi sosok likeable yang selalu bisa memancing tawa berkat tingkahnya. 

Sunao Katabuchi selaku sutradara sekaligus penulis naskah (bersama Chie Uratani) berusaha menampilkan betapa di tengah bencana pilu sekalipun, selalu tersimpan keindahan. Animasinya mendukung niat tersebut. Visual yang tersusun atas gesekan warna lembut dan gaya sederhana (dalam arti bukan tiga dimensi penuh detail realita kompleks) memberi keintiman pula mewakili kepolosan protagonisnya. Sejak pertama kita bertemu hingga ia tumbuh, Suzu seolah menetap tak beranjak dewasa. Bahkan di satu waktu, prajurit Amerika memberi cokelat lantaran mengiranya anak-anak. Poin ini disengaja agar film kolam tampil melalui perspektif bocah yang playful dan bisa menemukan keindahan di antara keburukan. Termasuk ketika pengeboman terjadi, sewaktu Suzu melihat ledakan di langit serupa cipratan cat air. 
Namun In This Corner of the World juga enggan tampil terlampau naif dengan menampik fakta sisi tragis peperangan. Seiring memanasnya perang dan meningkatnya bahaya, film bergerak makin serius, mulai memeras perasaan penonton. Dan lantaran kentalnya kebahagiaan yang terus diangkat, begitu kegelapan menaungi dampak emosi yang dihasilkan, pula kengerian menatap terjebaknya rakyat sipil di bawah hujan bom demikian besar. Ditambah lagi Katabuchi tidak ragu menggunakan visual eksplisit pembangun kesan miris meski (untungnya) belum mencapai taraf eksploitasi, masuk batas masuk akal citra imbas perang. Merupakan proses alami, itulah mengapa aliran tone-nya lancar, suatu kelebihan yang gagal diikuti oleh perjalanan narasi.

Alur acap kali melompat bergairah antar potongan-potongan momen pendek yang berlangsung beberapa detik saja. Pun narasi bergerak episodik, merangkum sederet insiden singkat di tahun tertentu yang tak seberapa substansial bagi keseluruhan kisah. Banyaknya selipan ini berujung durasi mencapai 128 menit walau sanggup dituturkan utuh tidak hingga dua jam. Katabuchi menentukan meminimalisir transisi. Metode ini menguatkan komedi melalui kelucuan dengan timing tak terduga, tapi melemahkan penyampaian cerita. Bukan tanpa maksud, alasannya yakni sang sutradara hendak mengemas filmnya ibarat memori yang sepintas terbersit dalam benak. Masa kemudian Suzu, entah kehangatan makan malam bersama keluarga atau pengalaman melihat hantu tersimpan sebagai kenangan yang sesekali "dikunjungi", sementara skenario ideal yang urung terjadi tak ubahnya mimpi indah. Semua sama, membantunya menemukan tujuan hidup berkat cinta kasih.

Belum ada Komentar untuk "In This Corner Of The World (2016)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel