My Favorite Episodes From Lost

Saya bukanlah seseorang yang suka mengikuti sebuah serial televisi alasannya ialah dua alasan. Alasan pertama alasannya ialah aku bukanlah orang yang cukup sabar untuk mengikuti sebuah dongeng dalam begitu banyak season yang tiap season-nya diisi oleh cukup banyak episode. Sedangkan alasan yang kedua ialah alasannya ialah kalau aku sudah menyukai sebuah serial, maka akan begitu banyak waktu yang harus aku luangkan untuk meneruskan menonton episode demi episode. Beberapa kali aku menjadwal menonton sekian episode dalam sehari dan berakhir terus lanjut menonton alasannya ialah rasa ingin tau akan menyerupai apa kelanjutannya. Pada kesannya ketika aku iseng-iseng ingin menonton sebuah serial, pilihan aku jatuh pada Lost karena premis yang menarik dan alasannya ialah serial ini sudah tamat.Akhirnya sesudah kurang lebih dua ahad aku selesai menonton keenam season yang ada dan menyatakan jatuh cinta akan serial ini. Menonton dan menulis sebuah artikel perihal Lost mungkin terasa ketinggalan zaman ketika ini alasannya ialah serial ini memang sudah selesai empat tahun lalu, tapi biarlah. Disini aku akan menciptakan dua bentuk list yang akan dipecah dalam dua artikel, yang pertama ialah episode favorit, dan yang kedua dan akan menyusul segera ialah huruf favorit. Bukan hal gampang menyusun 20 episode favorit dalam Lost dengan total episode yang mencapai 121. Kaprikornus berikut ini daftar 20 episode Lost yang paling aku sukai.  (A lot of SPOILERS ahead)

 20. THE LONG CON (Season 2, Episode 13)
Sawyer merupakan salah satu huruf paling menarik dalam serial ini, dan lewa episode ini kita akan diajak melihat dua sisi dalam dirinya secara cukup mendalam. Sisi pertama ialah Sawyer sang penipu ulung yang memiliki aneka macam macam trik dan tipu kecerdikan kancil untuk mendapat uang dari korbannya. Tapi disisi lain kita juga akan melihat bahwa Sawyer bukanlah seseorang tanpa perasaan menyerupai yang selama ini banyak disebut orang. Episode inilah yang makin memantapkan kesukaan aku pada huruf yang satu ini.

19. ...IN TRANSLATION (Season 1, Episode 17)
Seperti yang sudah aku bilang, episode perihal Jin dan Sun selalu menarik, dan dalam episode inilah kita benar-benar diajak untuk pertama kalinya mengeksplorasi secara lebih jauh sosok Jin dan Sun serta ijab kabul mereka yang tidak berjalan mudah. Dari sinilah persepsi aku akan sosok Jin mulai berubah dari yang tadinya aku tidak menyukainya alasannya ialah beliau ialah suami posesif yang menyebalkan menjadi rasa simpati sesudah tahu latar belakang Jin dan Sun. Satu yang pasti, dari sinilah aku mulai menyukai kisah cinta keduanya yang penuh romantisme dan cinta sejati.

18. TWO FOR THE ROAD (Season 2, Episode 20)
Kematian dalam Lost seringkali mengejutkan baik dilihat dari siapa yang mati dan timing yang tiba-tiba, mengambarkan bahwa hampir tidak ada huruf yang kondusif disini. Ana Lucia yang awalnya aku kira akan menjadi huruf utama dalam waktu yang cukup usang tiba-tiba dibunuh oleh Michael yang ternyata mendapat perintah dari The Others. Ditambah lagi ia membebaskan Ben yang ternyata memang ialah pemimpin dari The Others. Tapi yang paling mengejutkan dan emosional tentu saja kematian Libby yang begitu tiba-tiba sesaat sesudah kematian Ana Lucia. Emosional alasannya ialah hubungannya dengan Hurley yang notabene merupakan salah satu huruf paling lovable gres saja hendak dimulai.

17. FLASHES BEFORE YOUR EYES (Season 3, Episode 8)
Lewat episode inilah kekuatan Istimewa dari Desmond benar-benar dieksplorasi untuk pertama kali. Momen flashback-nya terasa begitu sureal terutama pertemuan Desmond dengan Eloise Hawking yang begitu mengejutkan dan menegangkan. Episode ini juga yang memberi tahu pada kita bahwa Charlie akan menemui ajalnya di season ketiga ini. Jika episode Sun-Jin sentris berpengaruh dalam penghantaran drama romantisnya, maka episode Desmond-sentris begitu berpengaruh aspek sci-fi dengan sentuhan sureal di dalamnya.

16. EVERYBODY LOVES HUGO (Season 6, Episode 12)
 Episode ini merupakan "kontra" dari Everybody Hates Hugo yang merupakan episode 4 di trend kedua. Disini Hugo bukan lagi orang tersial di dunia melainkan seorang laki-laki kaya raya nan gemar memberi yang begitu beruntung dan dicintai semua orang. Menarik juga melihat pertemuan kembali antara Hugo dan Libby. Sedangkan di pulau kita akan diperlihatkan satu lagi kematian dengan timing paling mengejutkan disaat Ilana tewas akhir ledakan dinamit dalam tasnya.

15. THE BRIG (Season 3, Episode 19)
Setelah episode sebelumnya aku dikejutkan dengan kemunculan Anthony Cooper yang tidak lain ialah ayah John Locke, disini muncul lagi kejutan yang lebih besar. Setelah cukup usang melaksanakan pencarian, James "Sawyer" Ford kesannya menemukan laki-laki yang "membunuh" orang tuanya, yakni Sawyer yang sesungguhnya, dan laki-laki itu ternyata ialah ayah Locke. Puas rasanya melihat Sawyer kesannya berhasil merampungkan dendamnya dan membunuh Cooper, sosok laki-laki yang begitu kejam dan menyebalkan itu.

14. 316 (Season 5, Episode 6)
Dibuka dengan Jack yang terbangun di tengah hutan menyerupai episode pertamanya, 316 punya momen yang begitu menarik ketika para Oceanic Six kembali berkumpul dalam satu pesawat ditambah Ben dan mayit John Locke. Pada kesannya episode ini pun ditutup dengan kejutan ketika melihat Jin mengenakan seragam Dharma Initiative.
  
13. EXODUS (Season 1, Episode 23 & 24)
Dua bab dari finale trend pertama ini menyajikan kisah yang sama menariknya baik ketika flashback maupun kisah di pulau. Dalam flashback-nya kita diajak melihat bagaimana masing-masing karakternya bertemu di satu daerah termasuk di bandara entah itu berinteraksi pribadi maupun hanya berpapasan. Sedangkan di pulau, momen emosional muncul ketika Sawyer, Jin, Michael dan Walt kesannya meninggalkan pulau dengan rakit. Beberapa ketika kita diajak merasa bahwa mereka sudah kondusif hingga kesannya ending mengejutkan muncul ketika The Others muncul di tengah laut, menculik Walt dan meledakkan rakit tersebut. Musim pertama pun ditutup dengan cliffhanger ganda ketika kesannya hatch berhasil terbuka dan menciptakan aku bertanya-tanya ada apakah di dalamnya.

12. PILOT (Season 1, Episode 1 & 2)
Ini beliau awal dari segalanya. Dibuka dengan kekacauan di tengah reruntuhan pesawat yang berantakan di pantai, dalam dua bab episode ini kita diajak untuk melihat aneka macam macam misteri yang ada di pulau tersebut mulai dari sosok Chrsitian Sheppard, Monster asap yang belum terlihat wujudnya, kemunculan beruang kutub, hingga pesan milik Daniel yang telah diputar berulag-ulang selama 16 tahun. Pertanyaan yang muncul tentu saja "Sebenarnya di pulau macam apakah mereka terdampar?"

11. GREATEST HITS (Season 3, Episode 21)
Ini ialah pengantar yang menegangkan dan cukup emosional sebelum finale dari trend ketiga. Dari sini ada 2 hal yang aku rasakan, yang pertama ialah aku sadar bahwa akan ada sesuatu yang epic di episode berikutnya, dan yang kedua ialah aku sadar bahwa Charlie akan mati di finale tersebut. Menarik melihat Charlie menyusun daftar 5 hal paling membahagiakan dalam hidupnya, dan momen ketika ia menuliskan tragedi di peringkat pertama yakni ketika ia pertama kali bertemu dengan Claire terasa begitu mengharukan.

10. THE SHAPE OF THINGS TO COME (Season 4, Episode 9)
Benjamin Linus ialah huruf yang digambarkan begitu cerdas, licik dan dingin. Dia memang penuh tipu daya dan terkesan tidak berperasaan, tapi disini muncul momen mengejutkan nan luar biasa ketika beliau melaksanakan kesalahan yang menjadikan tewasnya Alex. Disitulah aku sadar bahwa Ben hanyalah insan biasa apalagi ketika beliau begitu emosional melihat kematian puterinya yang menciptakan Ben memanggil smoke monster. Menyenangkan juga melihat momen ketika Ben menghajar dua prajurit di gurun Sahara.

9. LA X (Season 6, Episode 1 & 2)
Pergantian timeline dalam Lost selalu mengejutkan. Setelah menggunakan flashback dan flash forward kali ini kita diajak untuk mengikuti alternate universe dimana Oceanic 815 tidak pernah terjatuh dan tentunya karakter-karakter yang ada jadi tidak saling mengenal satu sama lain. Sedangkan di pulau, terjadi momen emosional ketika Juliet mati di pelukan Sawyer. Salah satu adegan favorit aku di episode ini ialah ketika kamera bergerak dari dalam pesawat menuju dasar maritim yang memperlihatkan pulau dan segala isinya sudah karam dan hanya tinggal reruntuhan.

8. THE INCIDENT (Season 5, Episode 16 & 17)
Momen flashback dalam episode ini menarik dan mengejutkan ketika kita diperlihatkan bagaimana Jacob mengunjungi satu per satu surivvor bahkan sedari masa mereka masih kecil dan baik secara pribadi maupun tidak pribadi mengarahkan mereka untuk "sampai" di pulau. Kita juga untuk pertama kalinya melihat sosok Man in Black alias sang monster asap disini. Sedangkan pada timeline tahun 1977 terjadi pertempuran seru antara para survivor dan Dharma Initiative yang berujung pada kematian Juliet dan meledaknya bom nuklir. Adegan penutupnya emosional disaat Juliet yang terluka parah dengan frustrasi memukul bom tersebut hingga kesannya meledak dan layar sepenuhnya berwarna putih.

7. WALKABOUT (Season 1, Episode 4)
Banyak fans dari Lost yang menyebutkan bahwa episode ini ialah momen dimana mereka kesannya terikat dan jatuh cinta pada serial ini. Disinilah kita diajak mempelajari sosok John Locke yang misterius dan melihat bagaimana kelamnya masa kemudian John. Hingga kesannya sebuah twist ending yang memperlihatkan bahwa John sebelum hingga di pulau ternyata lumpuh dan berada di bangku roda muncul dengan begitu mengejutkan. Bukti bagaimana cerdasnya para penulis dari Lost khususnya dalam hal menampilkan misteri dan memperlihatkan tanggapan yang mengejutkan atas misteri tersebut.

6. TRICIA TANAKA IS DEAD (Season 3, Episode 10)
Saya begitu menyukai episode ini alasannya ialah tone-nya yang begitu ceria dengan atmosfer optimistis dan humor-humor gelap yang lucu. Hurley memperlihatkan kenapa sosoknya begitu dicintai, alasannya ialah disaat orang-orang lain sibuk memikirkan hal yang berat dan serius, Hurley sebaliknya. Dia menyadari hal yang tidak orang lain sadari, yaitu bersenang-senang. Menyenagkan pula melihat interaksi Sawyer-Hurley-Charlie-Jin. Keempat orang ini memang begitu tepat ketika dipasangkan secara bersamaan.

5. THE 23rd PSALM (Season 2, Episode 10)
Episode ini muncul pada masa dimana Mr. Eko masih menjadi salah satu huruf favorit aku yang begitu badass. Misteri perihal pesawat pengangkut heroin tersebut diungkap disini. Pada episode inilah tema "takdir" dan "kebetulan" mulai benar-benar dieksplorasi dalam serial ini. Saya pun selalu menyukai momen flashback dari huruf Mr. Eko sebagai gangster Nigeria sebelum beralih menjadi seorang Pendeta.

4. THROUGH THE LOOKING GLASS (Season 3, Episode 22 & 23)
Mungkin inilah episode yang paling banyak menempati daftar puncak list episode terbaik Lost. Sangat menegangkan, seru dan mengharukan. Kematian Charlie yang sebenarnya sudah sanggup ditebak dari awal trend ternyata bisa tampil begitu mengharukan dan heroik. Gambar Charlie yang menempelkan telapak tangannya ke beling dengan goresan pena "Not Penny's Boat" mungkin salah satu yang paling memorable dalam serial ini. Jangan lupakan juga teriakan Jack bahwa mereka seharusnya kembali ke pulau itu lagi yang sekaligus membuka twist bahwa flashback dalam episode ini ternyata flash forward.

3. THE CANDIDATE (Season 6, Episode 14)
Hubungan antara Jack dan Locke di alternate universe makin diperdalam dengan begitu baik, termasuk twist perihal kecelakaan yang menciptakan kaki John lumpu di universe ini. Episode ini pun begitu emosinal dengan tewasnya tiga huruf utama yang juga termasuk favorit saya, yaitu Sayid, Jin dan Sun. Kematian Sayid cukup mendadak dan terasa heroik sekaligus penebusan yang sesuai sesudah selama seasoni keenam ini ia bagaikan "zombie" jahat yang tanpa emosi dan perasaan. Sedangkan kematian Jin dan Sun sukses menciptakan aku meneteskan air mata. Tragis sekaligus romantis disaat yang bersamaan, keduanya berpegangan tangan sebelum mati karam secara bersamaan, mengakhiri kisah cinta sejati keduanya.

2. THE CONSTANT (Season 4, Episode 5)
Satu lagi episode Desmond-sentris yang benar-benar kental unsur sci-fi lewat kisah perjalanan waktunya. Episode ini juga banyak mengisi posisi puncak dalam daftar episode terbaik Lost. Episode ini memperlihatkan bahwa kisah cinta antara Desmond dan Penny tidak kalah romantis dan menyentuh kalau dibandingkan Jin dan Sun. Lagi-lagi aku dibentuk menangis ketika Penny mengangkat telepon dari Desmond sesudah delapan tahun lamanya.

1. THE END (Season 6, Episode 17 & 18)
Entah berapa kali aku menangis melihat episode dengan total durasi 104 menit ini. Momen-momen mengharukan muncul ketika masing-masing tokoh mulai saling bertemu dan menyadari siapa satu sama lain mulai dari Sayid-Shannon, Sawyer-Juliet dan tentu saja Jin-Sun yang disini masih belum menikah. Berjalan dengan tempo cepat episode ini juga menampilkan momen menegangkan ketika pertikaian di pulau memasuki klimaksnya. Kejutan besar muncul ketika ternyata alternate universe yang ada merupakan limbo, daerah dimana mereka semua bergotong-royong sudah mati dan menunggu untuk siap melangkah lebih jauh. Ditutup dengan adegan "kebalikan" dari adegan pembuka episode pertama, The End ialah epilog yang epic dan emosional. Akhir yang bagi aku tepat bagi serial yang luar biasa ini.

Belum ada Komentar untuk "My Favorite Episodes From Lost"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel