Inside Llewyn Davis (2013)

Kaprikornus apa yang dilakukan oleh Coen Brothers sehabis menciptakan sebuah western berjudul True Grit? Apakah mereka kembali menciptakan sebuah film kriminal bernafaskan komedi penuh twist absurd yang selama ini menjadi ciri khas keduanya? Ternyata tidak. Joel dan Ethan Coen nampaknya masih belum ingin kembali ke zona nyaman mereka, alasannya film terbaru yang dibentuk oleh duo sutradara sekaligus penulis naskah ini yaitu sebuah dramedi berbalut iringan musik folk yang begitu kental. Tidak ada agresi kriminal yang berjalan salah penuh twist gila disini meski masih ada dialog-dialog cerdas, komedi hitam, serta alur yang terkadang sedikit nyeleneh. Tapi mungkin bisa dibilang Inside Llewyn Davis merupakan film dari Coen Brothers yang kisahnya paling terfokus, alasannya menyerupai judulnya film ini memang mengisahkan sebagian kecil kehiudpan dari seorang musisi folk berjulukan Llewyn Davis. Sekilas dari judulnya mungkin akan banyak orang mengira bahwa ini yaitu film biopic, tapi sebetulnya Inside Llewyn Davis adalah murni fiktif, meski pengemasannya layak menciptakan film ini disebut sebagai fiction-biopic. Karakter Llewyn Davis beserta musiknya memang terinspirasi dari sosok musisi folk aktual berjulukan Dave Van Ronk. Bahkan judul dari film (dan album) serta cover album milik huruf Llewyn Davis juga mengambil dari sebuah album kompilasi milik sang musisi berjudul Inside Dave Van Ronk yang dirilis pada tahun 1989. 

Ber-setting di New York tahun 1961, kita akan diperkenalkan pada Llewyn Davis (Oscar Isaac), seorang musisi folk yang menghabiskan waktunya manggung di cafe-cafe, termasuk Gaslight Cafe milik temannya, Pappi (Max Casella). Llewyn sesungguhnya merupakan musisi folk yang sangat berbakat. Dia punya bunyi yang indah, mahir bermain gitar, serta pandai dalam menciptakan lagu-lagu folk yang syahdu. Bahkan beliau sempat merasakan kesuksesan dikala ia membentuk duet bersama rekannya Mike (Chris Eldridge). Tapi sejak Mike bunuh diri dengan melompat dari jembatan, karir Llewyn ikut hancur. Album solonya, Inside Llewyn Davis tidak laris di pasaran dan menciptakan Llewyn harus tinggal nomaden dengan menumpang tidur di sofa kenalan-kenalannya. Salah satu rumah yang paling sering ia tumpangi yaitu rumah milik Jim (Justin Timberlake) dan pasangannya, Jean (Carey Mulligan). Disini kita akan melihat bagaimana kehidupan Llewyn yang tampaknya selalu diisi oleh kesialan dan hal-hal jelek lainnya.Kita akan melihat aneka macam perjuangan Llewyn mulai dari memperbaiki karir musiknya, memperbaiki kekerabatan dengan Jean, hingga usahanya untuk mencari dan mengembalikan seekor kucing milik seorang sobat yang tidak sengaja kabur dikala Llewyn menginap dirumah temannya tersebut.

Seperti yang sudah saya singgung diawal, Inside Llewyn Davis masih tetap punya DNA dari film-film Coen Brothers termasuk alur yang berjalan dengan arah yang unik, hanya saja film ini terasa lebih sunyi, lebih kelam dan lebih syahdu. Mungkin film ini memang mengusung musik folk yang tidak terlalu digemari masyarakat umum, tapi bagi saya film ini jauh lebih gampang untuk diikuti bahkan dicintai dibanding film-film Coen Brothers lainnya. Saya sudah dibentuk jatuh cinta sedari adegan pembukanya yang menampilkan Llewyn memainkan lagu Hang Me, Oh Hang Me dengan begitu indah lengkap dengan teknik sinematografi serta lighting yang menciptakan adegan tersebut tidak hanya terasa indah dan lovable tapi juga punya kesan "sakral". Pada balasannya seiring dengan semakin jauh film ini melangkah menampilkan aneka macam problema kehidupan Llewyn, semakin pula saya jatuh cinta pada film ini secara keseluruhan. Tidak hanya dari ceritanya, tidak hanya dari musiknya, tidak hanya dari sinematografinya, tidak pula hanya dari aktingnya melainkan keseluruhan film. Tidak menyerupai kebanyakan film-film Coen Brothers, alurnya terasa lebih sederhana dan gampang dicerna tanpa harus berpikir keras untuk mengaitkan poin demi poin dalam plotnya. Satu-satunya yang sedikit membingungkan mungkin hanya ending-nya yang ambigu, tapi diluar itu Inside Llewyn Davis berjalan sederhana tapi tidak terasa sederhana alasannya ini yaitu sajian ballad movie yang begitu kelam nan syahdu
Ya, ini yaitu film ballad, dan layaknya sebuah lagu ballad yang mempunyai lirik murung serta melodi yang mengalun perlahan namun mencengkeram, Inside Llewyn Davis pun meninggalkan kesan yang kurang lebih sama. Kisahnya kelam bahkan cenderung kearah depresif melihat segala nasib jelek yang menimpa Llewyn bahkan hingga filmnya berakhir sekalipun. Seolah masih kurang, untuk membungkus kisah yang kelam itu, diberikanlah iringan musik-musik folk yang kental unsur baladanya serta sinematografi garapan Bruno Delbonnel yang memancarkan aura dingin, kelam dan berhasil menghantarkan atmosfer penuh kesunyian. Tapi jangan lupa kalau ini adaah film dari Coen Brothers yang berarti anda tidak akan begitu saja diberikan sebuah kisah yang "hanya" mempunyai unsur kesedihan. Seperti biasa ada selipan komedi-komedi hitam khususnya yang berasal dari dialog-dialog yang ada. Komedinya sendiri berhasil dengan baik dan bisa menciptakan saya tertawa. Untuk porsi komedinya, diluar dugaan huruf Jean yang diperankan Carey Mulligan yaitu yang paling sering menciptakan saya tertawa. lewat segala luapan kemarahan penuh umpatan yang ia tujukan pada Llewyn. Rentetan kata-kata kotor yang diberondongkan oleh Mullihan dengan tempo cepat terasa begitu lucu, khususnya dikala ia menyebut Llewyn sebagai "adik idiot dari Raja Midas".

Pujian juga patut diberikan pada akting gemilang dari Oscar Isaac yang mampu menampilkan sosok Llewyn yang dari luar sudah terlihat menyerupai orang dengan penuh kesulitan serta beban dalam hidupnya. Lihatlah tatapn matanya yang terasa penuh derita tanpa harus dibuat-buat. Pada balasannya hal itu menciptakan momen dikala Oscar bernyanyi benar-benar terasa menyerupai sebuah katarsis, curhatan penuh perasaan dari seseorang yang ingin meneriakkan dan berlari dari segala kesukaran hidup yang menghampiri. Lalu jikalau bicara soal bab musikalnya, hanya satu kata yang tepat menggambarkan nomor musik dalam film ini, yaitu "indah". Musik folk bukanlah musik "pasar" dan jikalau salah satu tujuan film ini yaitu untuk lebih memperkenalkan musik folk pada penonton maka itu berhasil untuk saya. Deretan lagu-lagu yang ada dalam film ini tidak hanya yummy didengar, tapi juga tepat membangun segala mood yang ada serta berhasil menciptakan saya mulai ingin mengenal lebih jauh lagu-lagu folk. Syahdu, indah, dan mencengkeram dengan perlahan tapi pasti. Tapi di samping kisah hidup Llewyn yang penuh nasib buruk, Inside Llewyn Davis juga merupakan satir terhadap dunia industri musik. Kita akan melihat bagaimana seorang musisi yang hidup sebagai seniman dengan idealismenya harus terlunta-lunta hingga melihat fakta bahwa untuk mendapat sebuah gig seseorang harus (literally) menjual dirinya. 

Insde Llewyn Davis secara lebih luas juga mengeksplorasi sebuah pencarian jati diri dan intisari kehidupan. Llewyn yaitu seorang yang tersesat dan sendiri. Semenjak maut Mike dan menjadi artis solo ia bagaikan melangkah tanpa tujuan yang pasti. Dia sempat "hilang", sebelum balasannya kembali "ditemukan" sehabis mengetahui identitas dirinya, mengenali siapa dan bagaimana hidupnya yang pasti. Dari situlah saya meyakini bahwa sosok kucing yang ada dalam film ini merupakan metafora dari Llewyn itu sendiri alasannya adanya kesamaan dari tema yang dieksplorasi dalam diri Llewyn dengan hal-hal yang terjadi pada si kucing tersebut. Lalu bagaimana dengan ending-nya? Bagi saya pemaknaan ending-nya tidaklah pasti, tergantung menyerupai apa anda memaknai konklusi film ini. Jika anda merasa bahwa film ini ditutup dengan selesai yang kelam, maka bab balasannya cenderung bertutur wacana perputaran kembali hidup Llewyn yang masih akan menghadapi aneka macam kesialan yang sama. Tapi jikalau anda memandangnya sebagai ending yang poitif, maka senyuman Llewyn di selesai berarti ia sudah bisa menemukan tujuan yang ia cari meskipun harus melewati aneka macam macam kesulitan lagi. Inside Llewyn Davis merupakan salah satu karya terbaik dari Coen Brothers. Penuh makna dan keindahan serta mempunyai aneka macam aspek yang saling mengisi satu sama lain secara tepat untuk menghasilkan sebuah tontonan yang segala sisinya mencerminkan kesunyian yang kelam, cuek tapi begitu indah.

Belum ada Komentar untuk "Inside Llewyn Davis (2013)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel