Veronica Mars (2014)

Diputar selama tiga demam isu dari tahun 2004 hingga 2007, serial televisi Veronica Mars yang dibentuk oleh Rob Thomas mungkin bukan termasuk serial yang menerima rating tertinggi, namun serial tersebut mempunyai banyak barisan penggemar cult. Serial ini juga berhasil melambungkan nama Nasrani Bell hingga ibarat sekarang. Pasca serialnya, Rob Thomas bekerjsama sudah memulai perjuangan untuk menciptakan versi layar lebar dari Veronica Mars tapi selalu terbentur problem pendanaan. Sampai kesannya pada awal 2013, Rob Thomas dan Nasrani Bell berusaha memanfaatkan keberadaan cult following serial tersebut dengan mengadakan penggalangan dana melalui website kickstarter. Benar saja, sehabis satu bulan, kesannya proyek ini menerima lebih dari $5.7 juta dan kesannya memulai produksinya hingga dirilis awal tahun ini. Saya sendiri tidak pernah menonton serial televisi yang satu ini, bahkan gres mendengar judulnya menjelang film dirilis. Untuk dongeng dalam filmnya sendiri, naskah yang ditulis sendiri oleh Rob Thomas akan melanjutkan apa yang menjadi final dari demam isu ketiga serial tersebut, tepatnya sembilan tahun pasca ending tersebut sebagai bukti bahwa pembiasaan film ini masih setia pada kontinuitas serial televisinya. Tidak hanya itu, jajaran cast-nya pun turut kembali meramaikan film ini.

Berselang sembilan tahun sehabis final serial televisinya, kini Veronica Mars (Kristen Bell) telah pindah dari Neptune ke New York. Disana ia menjalin korelasi yang hening dan senang dengan Piz (Chris Lowell). Tidak hanya itu, Veronica kini berkesempatan untuk bekerja di sebuah firma aturan besar disana. Tapi ditengah semua hal baik itu Veronica menerima kabar mengejutkan ihwal janjkematian sahabat masa sekolahnya, Carrie Bishop (Andrea Estella) yang kini dikenal sebagai seorang pop superstar dengan nama panggung Bonnie DeVille. Carrie ditemuka tewas di bathtub rumahnya, dan yang lebih mengejutkan bagi Veronica ialah alasannya ialah orang yang menjadi tersangka utama masalah pembunuhan tersebut ialah Logan (Jason Dohring), mantan kekasihnya sendiri semasa sekolah. Logan sendiri meminta sumbangan Veronica untuk mencarikan pengacara yang menciptakan Veronica harus kembali lagi ke Neptune. Logan sendiri bersikeras bahwa ia bukanlah pembunuh Carrie yang pada ketika itu berstatus sebagai mantan pacarnya meski segala bukti mengarah padanya. Pihak kepolisian pun menemukan bahwa ada motif yang masuk nalar bagi Logan untuk membunuh Carrie. Pada kesannya Veronica yang telah meninggalkan kehidupan sebagai private investigator pun merasa terpanggil untuk menyelidiki masalah ini.
Tantangan tersendiri bagi sebuah film yang disesuaikan dari serial televisi ialah bagaimana film ini bisa menyeimbangkan kepuasan para penggemarnya dan para penonton baru. Tentu saja hal ini tidak mudah, alasannya ialah penonton awam dilarang hingga tersesat dan harus bisa mengenali abjad yang ada dalam film ini, sebuah hal yang tidak dibangun dengan cepat dalam sebuah serial televisi. Tapi tentu saja para die-hard fans tidak akan mau berlama-lama melihat pengenalan abjad yang mereka sudah usang kenal dan begitu bersahabat dengan mereka. Untungnya Rob Thomas cukup baik dalam hal ini. Pada opening-nya ia memperlihatkan sebuah montage tentang beberapa hal kunci yang terjadi sebelum serial televisinya usai sekaligus bertahap memperkenalkan ibarat apa sosok Veronica Mars disitu. Hal itu cukup berhasil alasannya ialah pada kesannya saya pun sama sekali tidak buta ihwal apa yang terjadi, siapa itu Veronica, dan siapa-siapa saja mereka yang ada di sekitarnya. Seiring berjalannya film saya bisa mencicipi bahwa Rob Thomas memang menciptakan film ini sebagai surat cinta kepada para penggemar berat serialnya sambil berusaha untuk menciptakan penonton awam tidak tersesat di dalamnya. Apabila saya ialah penggemar serialnya, saya niscaya begitu bangga bahkan mungkin terharu melihat pertemuan kembali para karakternya termasuk pada ketika momen reuni tengah berlangsung. 
Bagi para fans, film ini akan terasa sebagai sebuah nostalgia dengan momen reuni sebagai klimaksnya. Tapi jujur saja bagi penonton awam ibarat saya momen reuni atau pertemuan kembali Veronica dengan teman-temannya terasa biasa saja tanpa ada yang spesial. Tapi toh ibarat yang saya bilang tadi bahwa Rob Thomas tidak serta merta melupakan para "pemula" ibarat saya alasannya ialah ia sudah menyiapkan sajian misteri dengan sesekali balutan komedi sebagai daya tarik bagi para penonton baru. Misteri yang disajikan memang terasa simpel, tidak berbelit-belit, tidak rumit, dan tidak terlalu banyak mempunyai lapisan di dalamnya. Tapi meskipun sederhana, Thomas bisa merangkainya dengan cukup menarik. Saya tidak pernah mencicipi misterinya sebagai sesuatu yang cerdas, begitu pula tensi filmnya yang tidak pernah benar-benar menegangkan. Klimaksnya sendiri terasa biasa saja kalau tidak mau dibilang anti-klimaks. Tapi toh lagi-lagi saya masih bisa terhibur dengan cara bertutur Rob Thomas disini. Saya dibentuk betah melihat bagaimana Veronica mengumpulkan keping demi keping petunjuk untuk memecahkan masalah pembunuhan tersebut sambil sesekali berusaha menghadapi konflik masa lalunya. Selipan komedinya pun cukup efektif meski lagi-lagi beberapa tukar barang dialognya kurang bisa dimengerti penonton awam ibarat saya.

Lalu kalau bicara ihwal sosok Veronica Mars sendiri, karakternya memang cukup menarik. Nasrani Bell terang sudah sangat lancar memerankan abjad yang pernah ia mainkan selama tiga tahun ini. Dia sangat baik dalam menghidupkan sosok Veronica yang penuh dengan antusiasme dan rasa ingin tau tinggi. Tapi yang paling menarik dari Veronica ialah kata-kata sindiran yang sering keluar dari mulutnya. Dengan itu saya bisa gampang untuk memahai bahwa beliau memang ialah sosok perempuan tangguh yang tidak takut terhadap hal apapun. Disini kita juga diajak untuk melihat bagaimana dilema yang dialami Veronica disaat ia harus menentukan antara mengejar kemapanan atau mencari kepuasannya sebagai "adrenaline junkie". Biasanya saya sangat menyukai eksplorasi hal tersebut dan akan menaruh simpati besar pada abjad yang menentukan meninggalkan kemapanan, tapi kasusnya sedikit berbeda disini khususnya kalau berkaitan dengan korelasi Veronica dan Logan. Disaat Veronica-Piz menggambarkan sebuah korelasi yang hening dan senang yang mana itu kurang "menantang" bagi Veronica, maka korelasi Veronica-Logan yang penuh tantangan justru menarik bagi dirinya. Pada kesannya konklusi yang diberikan mungkin memuaskan bagi para fans, tapi bagi saya yang tidak terikat dengan korelasi Veronica-Logan, semuanya terasa nonsense. Pada kesannya sekuat apapun perjuangan Rob Thomas, Veronica Mars tetap saja terasa sebagai sebuah surat cinta pada para penggemar yang lebih mementingkan mereka daripada penonton awam. Saya tidak tersesat, tapi tidak berhasil dipuaskan. Tapi toh, keseluruhan filmnya masih cukup menghibur.

Belum ada Komentar untuk "Veronica Mars (2014)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel