Bill Cunningham New York (2010)
Di tengah hingar bingar kota New York Bill Cunningham hanya menaiki sebuah sepeda bau tanah yang butut berkeliling kota. Di tengah kemewahan New York, Bill Cunningham hanya tinggal di sebuah apartemen sempit yang lebih banyak berisikan kabinet kerja daripada perabotan. Di antara glamornya masyarakat New York, Bill Cunningham senantiasa menggunakan jaket biru yang biasa dipakai tukang sampah atau mantel tipis murah yang selalu ia tambal dengan perekat daripada membeli gres ketika sobek. Sekilas ia hanyalah laki-laki bau tanah kecil yang tidak akan dianggap oleh warga New York dengan segala gaya hidup kelas atas mereka. Tapi disaat banyak ikon fashion menilai tinggi dirinya, bahkan Anna Wintour sang editor Vogue berkata "we all get dressed for Bill", maka kita tahu Bill Cunningham bukan laki-laki bau tanah biasa. Kaprikornus siapa Bill yang begitu dipuja ini? Dia ialah fotografer New York Times yang berfokus pada kolom fashion. Bedanya, Bill lebih sering memotret di jalan daripada runway.
Setiap pagi Bill akan terjun ke "medan perang", tepatnya di jalanan kota New York. Disana ia akan memotret siapapun itu mulai dari anak muda hingga orang tua, warga biasa hingga selebritis dan sosialita. Seperti apa yang tergambar dari kalimat Anna Wintour diatas, bagi para pejalan kaki New York, difoto oleh Bill ialah kehormatan besar, alasannya ialah artinya fashion yang ia kenakan bagus. Bill sudah melaksanakan ini selama puluhan tahun, sehingga masuk akal saja ketika desainer Oscar de la Renta menyampaikan bahwa Bill merupakan orang dengan rekaman sejarah fashion New York terlengkap. Bagi Bill yang amat terobsesi dengan fashion, apa yang orang kenakan ialah jati diri mereka dan alasannya ialah itu nampak lebih bermakna ketika tampak di jalan daripada runway. Semua itu ia rangkum dalam kolom On the street. Sedangkan pada malam harinya ia sibuk berkeliling dari satu ke program ke program lain untuk (lagi-lagi) mengambil foto dalam tiap even yang ia gunakan untuk kolom Evening Hours.
Film ini mengingatkan aku pada dokumenter lain yang juga menyoroti kehidupan sosok senior, Elain Stritch: Shoot Me. Persamaan keduanya ialah semangat yang dihadirkan oleh subjek berhasil ditularkan pada saya. Bill dengan kebebasannya, dengan semangatnya, dengan tawanya bisa menyebabkan pengalaman menonton dokumenter ini amat menyenangkan. Bukan gelak tawa alasannya ialah kelucuan yang terasa, melainkan senyum simpul kebahagiaan. Saya senang melihat Bill dengan antusias ibarat anak kecil yang mendapat mainan gres berlarian kesana kemari dengan kameranya, memotret segala bentuk gaya fashion pejalan kaki New York. Film ini ialah citra tepat perihal sebuah totalitas. Saat sedang bekerja, Bill hanya akan berfokus pada pekerjaannya dan tidak akan berhenti meski hanya untuk meminum segelas wine. Bill Cunningham New York pun jadi sebuah perkenalan memuaskan bagi orang ibarat aku yang belum mengenal siapa Bill Cunningham.
Film ini mengeksplorasi kesehariannya secara menyeluruh, memperkenalkan aku pada pandangan hidupnya, mengenalkan aku pada kepribadiannya baik itu lewat observasi maupun wawancara dengan orang-orang di sekitar Bill. Mungkin satu hal yang akan tetap menjadi pertanyaan besar sesudah filmnya usai ialah "seperti apa kehidupan pribadi Bill?" dimana kehidupan pribadi yang dimaksud bisa jadi dongeng cinta, keluarga, kepercayaan, dan hal-hal lain yang bersifat intim. Saat pada kesudahannya semua itu tidak terjawab tuntas bukan alasannya ialah filmnya kurang dalam ketika observasi, tapi lebih alasannya ialah Bill sendiri yang memang tidak punya waktu untul hal bersifat pribadi. Hampir 100% waktu ia dedikasikan untuk hal-hal berbau fashion photography. Tapi lewat dua pertanyaan singkat yang diajukan sutradara Richard Press menjelang akhir, secara tersirat aku bisa menangkap ibarat apa isi hati sang fotografer. Mungkin tidak gamblang, tapi coba perhatikan dan rasakan baik-baik momen tersebut, maka anda akan bisa mengetahui siapa Bill Cunningham itu sebenarnya.
Bill Cunningham New York juga masih sempat membahas sebuah stigma bahwa kita bisa menilai seseorang dari pekerjannya. Mendengar ada orang bekerja di sebuah klub malam, gampang bagi kita eksklusif memberi cap ia ialah orang tidak bermoral, doyan pesta, dan segala macam anggapan lainnya. Tapi Bill menandakan hal itu salah. Bill Cunningham memang memuja fashion, mengagumi gaya berpakaian yang unik dan glamor, tapi bukan berarti ia orang yang memuja kehidupan mewah. Justru sebaliknya, Bill tidak menyukai gaya hidup semacam itu, dan lebih menentukan menjalani hidup dengan kesederhanaan yang teramat sangat. Tapi lihat bagaimana orang ini begtu dihormati oleh kalangan atas dan para pembesar. Bahkan dalam suatu kesempatan Anna Wintour rela berhenti sejenak di jalan hanya untuk difoto oleh Bill, tapi begitu sang laki-laki bau tanah selesai Anna begitu saja pergi tanpa memberi kesempatan fotografer lain untuk memotretnya. Bagi Anna dan ikon fashion lainnya, ialah kehormatan ketika Bill memotret mereka, dan bagaikan sebuah selesai dunia ketika sang fotografer menentukan berlalu.
Begitu menarik melihat agresi Bill di jalan bukan saja alasannya ialah sosoknya yang penuh semangat, tapi juga menarik melihat dokumentasi gaya berpakaian para pejalan kaki New York. Begitu banyak fashion style yang mencolok mata dan menjadi nirwana bagi Bill untuk memotret. Sebagai film perihal fotografer fashion, film ini tetap tidak lupa untuk memberi hiburan visual berupa banyaknya baju dan style menarik di tiap sudut kota. Sedangkan sebagai film perihal Bill Cunningham, film ini juga berhasil menggambarkan bagaimana sosoknya telah menjadi sebuah arsip fashion terlengkap yang bukan mustahil mengalahkan kelengkapan internet sekalipun. Saya pun pada kesudahannya berhasil dibentuk mengagumi hampir semua aspek dalam diri Bill, dan bisa mengerti kenapa banyak orang mengaguminya. Pertanyaan yang cukup miris adalah, benarkah semua orang itu mengasihi Bill? Atau hanya alasannya ialah Bill menentukan hierarki mereka dalam dunia fashion dimana hierarki merupakan salah satu hal terpenting untuk bertahan hidup di New York? Tidak ada yang tahu, tapi yang niscaya Bill Cunningham berhasil mendokumentasikan sejarah perjalanan fashion dengan lengkap, dan Bill Cunningham New York mendokumentasikan proses itu dengan lengkap pula.
Belum ada Komentar untuk "Bill Cunningham New York (2010)"
Posting Komentar