Snowden (2016)
Terkadang suatu film gagal mencapai potensi maksimal bukan seutuhnya disebabkan oleh keburukan film itu sendiri. Beberapa faktor eksternal termasuk timing perilisan yang berkaitan dengan urgensi pembuatan sanggup kuat besar. "Snowden" bisa saja menjadi biopic unik bahkan sensasional berisi konspirasi tingkat tinggi mengenai global surveillance sebagaimana kerap menghiasi blockbuster. It can blow the audience's mind with its stranger-than-fiction-tale. Sayang, dua tahun kemudian kita sudah disuguhi dokumenter pemenang Oscar, "Citizenfour" yang terlebih dahulu mengungkap fakta-fakta mengejutkan temuan Edward Snowden, belum lagi bermacam sumber pemberitaan media.
Oliver Stone bersama Kieran Fitzgerald selaku penulis naskah paham jikalau mereka butuh menyuguhkan hal baru, akibatnya alur "Snowden" dikemas maju-mundur. Alur pertama sekaligus gerbang pembuka bertempat pada Juni 2013 ketika Snowden (Joseph Gordon-Levitt) bertemu dengan sineas dokumenter Laura Poitras (sutradara "Citizenfour", diperankan Melissa Leo) dan wartawan The Guardian, Glenn Greenwald (Zachary Quinto) di sebuah hotel di Hong Kong guna menyerahkan seluruh berkas diam-diam milik CIA dan NSA. Kejadian ini sendiri merupakan plot milik "Citizenfour".
Alur kedua menyoroti awal mula Snowden berkenalan dengan dunia intel, dimulai dari tahun 2004 ketika ia gres memulai karirnya di satuan khusus angkatan bersenjata Amerika Serikat. Di sinilah pembeda itu terletak, ketika film ini berniat menggali sisi personal Ed Snowden beserta masa lalunya demi menjawab pertanyaan-pertanyaan menyerupai "kenapa CIA dan NSA hingga memberi posisi krusial pada Snowden?" atau "apa yang mendorong Snowden membocorkan segala rahasia?". Mengenai poin-poin tersebut, Stone dan Fitzgerald telah menuturkan wawasan memadahi bagi penonton.
Kita melihat kejeniusan Ed Snowden yang bisa menuntaskan kiprah sang mentor, Corbin O'Brian (Rhys Ifans) dalam waktu 38 menit, jauh lebih cepat dari rata-rata (5 jam). Begitu pula transformasinya dari seorang konservatif yang dengan mantap meyakini bahwa Amerika Serikat merupakan negara terhebat di dunia menjadi dirundung keraguan ditunjukkan lewat dua sesi tes kebohongan. Penonton dibentuk mengetahui fakta-fakta itu, namun Stone lalai bahwa pengetahuan saja tidak cukup. Karena pengetahuan bisa didapat dari sumber lain termasuk media di internet, tapi tidak dengan ikatan emosional atau kesan thought provoking, dua poin yang jadi kekuatan sinema namun tidak dimiliki "Snowden".
Ada dua tipe biopic berkualitas mengenai sosok jenius yang telah dikenal luas oleh publik; "The Theory of Everything" dan "Steve Jobs". Judul pertama mengetengahkan kehidupan personal subjek, menelusuri kisah percintaannya, sedang judul kedua ialah talky movie didominasi obrolan teknikal tanpa lupa mengolah kepribadian karakter. "Snowden" bisa menjadi salah satu dari keduanya, tapi Stone begitu ambisius, ingin merangkum semua yang justru berujung tidak maksimalnya penceritaan. Romantika Snowden dengan Lindsay (Shailene Woodley) hadir seadanya, di mana Lindsay hanya I-will-always-support-you type of wife. Padahal akting Woodley bisa menciptakan tokohnya "naik kelas", ada cengkeraman emosi dalam tiap penghantaran kalimat. Pertemuan pertama mereka pun jadi momen cantik yang bisa memancing senyum.
Istilah-istilah abnormal bertebaran dan bukan kekurangan lantaran sesuai kebutuhan. Anda tidak bisa menciptakan film perihal sosok penting dunia surveillance lalu melucuti tetek bengek teknisnya. Menjadi poin minus ketika Stone terlalu banyak menghabiskan durasi pada perbincangan tak subtansial, lupa memantik anutan penonton. Snowden ialah whistleblower yang di kehidupan kasatmata memancing pro-kontra. Stone memihak Ed, kentara dari usahanya menggiring persepsi bahwa tindakan NSA dan CIA sudah kelewat batas lewat visualisasi pengeboman menggunakan drone hingga statistik surveillance. Namun Stone kurang provokatif, bermain kondusif tanpa menggugat, membebaskan penonton mengambil perilaku layaknya film observatif. Masalahnya, sebagai observasi netral, filmnya terlampau berpihak dan penonton tidak diberi alasan mencurigai keputusan Snowden.
Tatkala "Snowden" terasa gamang bertutur, tidak demikian dengan performa Joseph Gordon-Levitt. Aktingnya mantap, utuh bertransformasi menjadi Edward Snowden khususnya lewat warna suara. Gordon-Levitt mungkin tidak memamerkan akting emosional berintensitas tinggi (membuatnya sulit dilirik Oscar), tapi curahan kecemasan melalui tatapan penuh ketegangan hingga gerakan-gerakan kecil menjadikannya meyakinkan. Sewaktu Edward Snowden yang orisinil muncul di selesai film, akan sulit menemukan perbedaan di antara mereka.
Stone sejatinya sukses menciptakan "Snowden" sebagai film yang good looking. Bermodalkan sinematografi isyarat Anthony Dod Mantle, filmnya bersinergi dengan seluk beluk dunia teknologi lewat sederet visualisasi modern memikat mata menyerupai penggambaran ketika Snowden harus mengawasi ribuan orang dalam sehari, hingga pembicaraannya dengan Corbin melalui layar besar di paruh selesai yang menyerupai berasal dari film thriller fiksi kala sang villain tengah menyatakan ancamannya. Momen ketika Snowden berusaha mengambil data di markas NSA kemudian caranya kabur memanfaatkan rubik pun tersaji solid, hanya saja nihil ketegangan lantaran saya tahu bagaimana output situasi tersebut. "Snowden" bakal bekerja lebih baik di mata penonton yang sama sekali buta dengan subjeknya, di luar itu hanya bagai suplemen untuk "Citizenfour".
Belum ada Komentar untuk "Snowden (2016)"
Posting Komentar