Maleficent: Mistress Of Evil (2019)
Maleficent: Mistress of Evil dibuka lewat aerial shot memukau, menangkap lanskap kerajaan Moors yang dibentuk memakai CGI. Tapi begitu kisah mulai diperkenalkan, ketika Puteri Aurora (Elle Fanning) mengumpulkan makhluk-makhluk Moors guna mendengar keluh kesah mereka, kemegahan itu digantikan oleh sekuen kekanak-kanakan, lengkap dengan humor slapstick yang akan membuatmu tersenyum canggung. Transisi tersebut cukup menggambarkan keseluruhan filmnya, yang berjaya ketika pamer visual, kemudian terjatuh ketika bercerita.
Lima tahun sehabis film pertama, kedamaian tercipta di Moors, meski masyarakat sekitar masih takut kepada Maleficent (Angelina Jolie) akhir isu tentangnya yang meracuni Aurora, tersebar luas. Tapi bukan itu yang dikhawatirkan sang “mistress of evil”, melainkan ketika puteri angkatnya mendapatkan pinangan Pangeran Phillip (Harris Dickinson) dari Kerajaan Ulstead. Semakin mengkhawatirkan kala orang bau tanah Phillip, Raja John (Robert Lindsay) dan Ratu Ingrith (Michelle Pfeiffer) mengundangnya makan malam.
Maleficent: Mistress of Evil paling menghibur ketika Jolie membawa kejenakaan dari ketidakmampuan karakternya menghadapi usul makan malam, di mana ia dituntut beramah tamah dengan manusia, yang mana begitu absurd baginya. Sejak film pertama Jolie telah menghembuskan kehangatan di balik kegelapan sosok Maleficent, dan kali ini ia menambah dinamika gres lewat humor.
Tapi tawa itu tidak berlangsung lama. Situasi memanas sewaktu Ingrith mulai menebar provokasi, memancing amarah Maleficent, kemudian berpuncak pada tuduhan bahwa Maleficent mengutuk Raja John, membuatnya koma. Perang antar kerajaan pun tak terelakkan, sayangnya sebelum perang itu sempat menghancurkan kedua kubu, filmnya sudah lebih dahulu dirusak oleh buruknya penggarapan.
Naskah garapan Micah Fitzerman-Blue, Noah Harpster, dan Linda Woolverton berusaha melaksanakan banyak hal, dari mengangkat lagi tema ibu-anak, menyelipkan pesan persatuan, hingga menggali mitologi di balik sosok Maleficent, tapi tak satu pun tampil menarik. Datar, khususnya akhir penulisan obrolan membosankan, alasannya formasi kalimatnya kolam ditulis hanya karakternya harus berbicara alias obligasi semata.
Satu-satunya poin menarik mengenai eksplorasi mitologinya yaitu tatkala Maleficent, tanpa mengenakan epilog tanduknya, terbangun di sebuah daerah absurd yang ibarat tersusun atas akar-akar pohon berwarna putih. Jolie, dengan riasan wajah pucat, tanduk menjulang, dan rambut panjang tergerai tampil layaknya sosok menakjubkan dari negeri dongeng, sementara tata artistiknya membantu sinematografer Henry Braham (The Golden Compass, Guardians of the Galaxy Vol. 2) melahirkan visual memesona.
Memang tidak ada keluhan terkait bagaimana Maleficent: Mistress of Evil memanjakan mata, namun Joachim Rønning (Kon-Tiki, Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales) yang untuk pertama kali menyutradarai solo tanpa ditemani Espen Sandberg, tak kuasa menimbulkan filmnya lebih dari sekadar parade visual. Adegan-adegannya nihil intensitas, bahkan ia gagal memaksimalkan standoff antara Jolie dan Pfeiffer yang semestinya monumental, biarpun kharisma kedua nama besar ini terlalu berpengaruh untuk bisa dihalangi oleh lemahnya penyutradaraan.
Elle Fanning berusaha sekuat tenaga bermain emosi, sayang, naskahnya mengkhianati perjuangan sang aktris ketika menimbulkan Aurora salah satu Disney Princess terbodoh yang sukar menggaet simpati. Kebodohan yang menyulitkan Aurora berdiri sejajar di antara rekan-rekannya, pada masa di mana Disney tengah gencar membangun citra “wanita kuat” bagi puteri-puterinya.
Belum ada Komentar untuk "Maleficent: Mistress Of Evil (2019)"
Posting Komentar